Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Deretan Seleb Pakai Pin Merah di Gelaran Oscar

Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Deretan Seleb Pakai Pin Merah di Gelaran Oscar

Ajang penghargaan paling bergengsi di industri film dunia, Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024 telah digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, pada Minggu (10/3) waktu setempat atau Senin pagi (11/3) waktu Indonesia.

Deretan selebriti dunia tampil maksimal dengan busana mewah dari brand dan desainer ternama seakan sudah siap untuk membawa pulang piala kemenangan tahun ini. Namun ternyata ada yang lebih menarik dari sekadar busana mewah itu, Ladies.

Beberapa seleb hadir ke gelaran Oscar sambil mengenakan pin berwarna merah yang dipasang di area dada kiri atau kanan mereka. Pin itu memiliki detail gambar telapak tangan dengan hati berwarna hitam di bagian tengahnya.

Mulai dari penyanyi Billie Eilish dan sang kakak Finneas, sutradara Ava Duvernay, aktris Quannah Chasinghorse, hingga aktor Mark Ruffalo, Ramy Youssef, dan Mahershala Ali, kompak mengenakan aksesori itu.

Lantas, apa sih makna dari pin merah itu?

Bentuk dukungan buat Gaza

Teen Vogue melansir, bukan sekadar fesyen, aksi deretan bintang Hollywood mengenakan pin berwarna merah di Oscar 2024 merupakan bentuk dukungan untuk warga Gaza di Palestina. Pin berwarna merah itu merupakan lambang dari komunitas selebriti bernama Artists4Ceasefire yang pernah membuat surat terbuka kepada Presiden AS, Joe Biden, dengan mendesak dilakukannya gencatan senjata untuk mengatasi konflik antara Israel dan Palestina.

Kelompok selebriti ini mendukung gencatan senjata untuk dilakukan segera dan permanen, pembebasan sandera, hingga pengiriman bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza.

Selain mereka yang hadir di Oscar, setidaknya ada 400 pelaku industri hiburan Hollywood yang masuk ke dalam daftar komunitas Artists4Ceasefire. Mulai dari Gigi dan Bella Hadid, Dua Lipa, Jennifer Lopez, Lupita Nyong’o, Kehlani, Zayn Malik, James Schamus, hingga Drake dan DJ Snake.

Sementara itu, bintang film The Anatomy of a Fall Milo, yakni aktor asal Prancis Machado-Graner dan Swann Arlaud yang juga hadir di gelaran Oscar 2024 memilih untuk mengenakan pin berbentuk bendera Palestina di kerah sebagai dukungan.

Aksi para selebriti ini mendapatkan ragam respons dari netizen. Ada yang menyambut positif keberanian mereka dalam menyampaikan dukungan di publik. Tapi ada juga yang menyayangkan karena mereka justru menyuarakan dukungan sambil mengenakan busana dari brand yang diduga berada di pihak Israel.

Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Deretan Seleb Pakai Pin Merah di Gelaran Oscar

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kembali ke Atas